Nila Asin

Blog ini digunakan untuk menulis pengalaman pribadi

Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan bersifat wajib. Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Masyarakat.
Awalnya, aku pengen banget KKN di luar jawa, seperti teman - teman yang lain. Namun, ijin orang tua berkata lain sehingga aku ikut kocokan deh untuk area DIY. Waktu itu, aku kebagian kelompok BTL 19 di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.
Awalnya siih, jujur, males banget yaak. Satu kelompok nggak ada yang kenal dan kita bakalan tinggal bareng 50 hari, hiiksss...
Pas kumpul rapat aku juga males, nggak niat, kalo dateng cuma diem, dlongap dlongop kaya orang bodo, wkwkwk.. Terus, hingga akhirnya aku mulai coba menerima kenyataan dan mulailah mendekati teman - temanku satu persatu. Setelah pdkt, belum tau siih sifat asli mereka kayak gimana.

Gambar 1. Survey KKN bersama Teman Sub Unit


Pas survey KKN masih terlihat canggung sih antara satu orang dengan lainnya.
Pas pelaksanaan KKN banyak siih suka dukanya, mulai dari konflik sesama anggota, konflik dengan pemuda desa, bahkan konflik dengan pemilik pondokan --" super sekali yaa, berasa sinetron aja..
Walaupun banyak konflik di dalamnya, tapi kami justru malah tambah akrab lho.. Kita beberapa kali main bareng setelah KKN, cerita - cerita tentang pengalaman dan kisah masing - masing. 
Yaa, walaupun nggak 100% cocok dengan mereka, tapi mereka adalah teman yang seru, asiik, dan perhatian. Itulah kesan terhadap teman - teman KKN.
Mengenai kegiatannya?? Yang paling berkesan adalah ketika mengajar anak TK dan lomba untuk SD. Aku masih inget banget lagu anak - anak TK pas mau masuk kelas, hahaha.. (TST TAHU SAMA TEMPE, TSP TAHU SAMBEL PETE ENAK RASANEE). Ada juga anak di kelas yang sulit diatur, malah menirukan adegan di film GGS "Aku Galang, raawr" --"
O ya, ada satu lagi yang berkesan, yaitu ketika HUT Bantul. Aku kebetulan disuruh ikut upacara oleh kormanitnya. Di acara itu para ciwi - ciwi pake kebaya dan dandan, kebanyang kaan gimana rempongnya.

Gambar 2. Foto Selfie saat Upacara HUT Bantul

Pas hari terakhir KKN ada rasa sedih juga sih, pisah sama teman - teman satu sub unit yang gembel, lucu, dan baik hati. Namun ternyata setelah KKN kami masih sering main - main kok, kumpul bareng gitu. Alhamdulillah, walaupun awalnya nggak suka tapi pada akhirnya menjadi hal yang menyenangkan ketemu saudara baru. Padahal pas KKN niatnya cari jodoh, bukan sodara, tapi nggak ada yang potensial buat diprospek :p
KKN kita juga patut disebut KKN gagal karena bertebaran jomblo tapi nggak ada satu pun yang jadian, terutama di sub unit ku, hahaha.. 


No comments