Nila Asin

Blog ini digunakan untuk menulis pengalaman pribadi

Tugas Besar di Teknik Kimia UGM




Hallo teman - teman.. Kali ini aku akan menceritakan tentang tugas besar di Teknik Kimia UGM. Jadi, di tempat aku kuliah ada 3 tugas besar yaitu Penelitian, Kerja Praktek (KP) dan Tugas Prarancangan Pabrik Kimia (TPPK).


  1. Penelitian
Penelitian dilakukan pada semester 7 untuk kurikulum 2011 di Teknik Kimia UGM. Untuk pemilihan dosen penelitian itu ada 2 cara, yang pertama minta surat rekomendasi dosen dan yang kedua ikut kocokan. Nah, kalau minta surat rekomendasi dosen juga bisa zonk tuh kayak aku yang ujung - ujungnya kocokan, haha...
Untuk penelitian, penelitian yang saya lakukan bersama Pak Mardi. adalah mengenai kinetika reaksi dehidrasi gipsum. Pada waktu itu saya ngelab di Laboratorium Teknologi Keramik dan Komposit. Bahan yang aku pergunakan waktu itu adalah gipsum bekas bahan bangunan sehingga gipsum itu dapat dipergunakan kembali (apabila dicampur air bisa mengeras kembali) yang dinamakan gipsum hemihidrat. 
Penelitian itu menyenangkan sebenarnya, tapi menyita waktu. Apalagi kalau penelitianmu sulit, alatnya nggak ada, datanya jelek, nggak tau datanya jelek karena apa, data pustakanya sedikit, harus pake program bla bla bla.. Tapi semua itu nggak akan jadi masalah yang terlalu besar asalkan kamu rajin dan dosennya baik. Yang nggak enak itu kalau dosennya minta macem - macem tapi ketika dikonsulin susah banget, tapi Pak Mardi nggak kayak gitu kok. Pak Mardi emang susah ditemui tapi bapaknya selalu memberikan solusi apabila kita kebingungan.
Ketika seminar kita butuh audience minimal 15 orang dan kita membutuhkan pertanyaan dari audience, dari situ lah dosen bisa menilai kita.

Gambar 1. Seminar Penelitian Bersama Sebagian Penonton

  1. Kerja Praktek
Pada waktu itu aku melaksanakan kerja praktek di PT Pertamina RU IV Cilacap pada bulan Maret - April 2016. Untuk dapat kerja praktek di sana pengajuan proposal minimal 6 bulan sebelum pelaksanaan kerja praktek karena yang mendaftar kerja praktek di sana tuh banyak.
Ketika kerja praktek kita dipinjami alat safety seperti baju coverall, safety shoes dan helm. Dan kebetulan atau bukan ternyata sepupunya mbahku ada yang bekerja di sana sebagai security dan terkenal galak. Dan entah kebetulan atau bukan lagi, beliau juga suka memelihara ayam.
Pada saat KP aku ditempatkan di Fuel Oil Complex I yang letaknya paling dekat dengan pintu 1 (pintu yang paling deket dengan tempat tinggalku di Cilacap). Jadi, kalau jalan kaki pun nggak masalah, nggak usah naik bus.
Di sana, aku mendapat tugas evaluasi kinerja katalis di unit platforming. Unit platforming itu tugasnya untuk menaikkan angka oktan. Nanti kalau KP di sana pasti tau lah. Saya mengerjakan tugas tersebut di bawah bimbingan Bapak Sujud Mulyadi yang sangat baik hati :) (semua bapak - bapak di FOC I baik - baik dan lucu - lucu :D)
Di akhir bulan Maret, tugasku pun selesai, akhirnya aku pulang dan sedikit agak sedih juga sih karena bakalan kangen suasana di kilang dan kangen makan es buah depan SMANIC. Sebelum pulang kita foto - foto dulu di kilang dulu
Gambar 3 dan 4. KP Telah Usai


  1. TPPK
Ini adalah tugas yang paling berat sih menurutku. Di TPPK ini kita dituntut untuk dapat bekerja satu tim, satu tim yang harus saling pengertian dan saling memotivasi. Di sini komitmen untuk bersama diuji bagaikan pernikahan. Tugas TPPK di Teknik Kimia UGM dibagi menjadi 6 part, yaitu T2 - T7 yang memiliki jangka waktu pengerjaan yang berbeda - beda. Apabila terlambat mengumpulkan, kami mendapat pengurangan score sebanyak 10% setiap minggunya. Nah, apa sih bagian dari T2 sampai T7 ini? T2 = preliminary design, T3 = Neraca massa dan neraca panas, T4=detail perancangan alat, T5=Utilitas, T6=Safety Health and Environment, T7=Evaluasi Ekonomi.
Pada waktu itu, aku mendapat judul "Prarancangan Pabrik Heksaklorobutadien dari 1,3 butadien dan klorin" dengan dosen pembimbing Bapak Supranto
Dan alhamdulillah kami mendapat jadwal pendadaran bulan Januari 2016 karena Lia ingin wisuda bulan Februari 2016. Pokoknya aku sangat berterima kasih kepada partnerku yang sangat baik hati dan pengertian :*
Oh ya, pada saat pendadaran aku diuji oleh Bu Edia dan Pak Bayu yang keduanya sangat super sekali ketika menguji, mantap jiwa dan raga lah pokoknya :D .Pendadaran itu bersifat terbuka, jadi ketika nonton dan orang yang ditonton itu dibantai kita bisa merasakan ketegangan juga di sana wkwk.

Gambar 5. Akhirnya Pendadaran
Gambar 6. Bersama Partner Hidup di Tekkim

Gambar 7. PEFD yang Kami Buat

Itulah semua tugas besar di Teknik Kimia UGM, tiga tugas besar itu dilakukan pada semester 7 - 8 apabila dilaksanakan sesuai dengan diagram alir pada kurikulum 2011.

NB: Bagian yang dicoret nggak penting, out of topic, maap wkwk

5 comments

  1. Kalo boleh tau peminatan kakak di tekkim apa ka?

    ReplyDelete
  2. kak mau tanya, kalo yang pendadaran tppk itu satu kelompok atau sendiri? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu kelompok kalau di UGM, kurang tau di univ. lain

      Delete
  3. Terima kasih kak sudah membagikan pengalamannya.

    Salam dari adik tingkatmu 2019. hehe

    ReplyDelete