Nila Asin

Blog ini digunakan untuk menulis pengalaman pribadi

Pengalaman Diet Sehat Tanpa Menyiksa Hingga Berat Badan Ideal



Hai pembaca blogku,
Kali ini saya ingin share pengalaman dietku. Kali ini bukan diet yang populer seperti diet keto, diet IU, diet OCD atau diet - diet yang lagi hits lainnya.
Pada diet kali ini saya tidak membiarkan diri saya merasa lapar sehingga saya menjalaninya dengan happy dan ingin terus melakukannya hingga saya turun sebesar 5 kilogram dalam 5 minggu!
Semua yang melihatku berkata "kok kurusan? Diet ya? Nggak makan ya?"
Jadi, kita samakan persepsi dulu yuk. Menurut saya, diet = tidak makan itu salah besar. Diet itu mengatur pola makan yang dilakukan secara terus menerus tanpa peduli target berat badan turun berapa.
Diet juga bukan berarti kita tidak boleh makan yang enak - enak kok. Boleh, asalkan tidak berlebihan! Apabila kita makan berlebihan, selain gemuk juga akan timbul penyakit lainnya seperti gula darah tinggi, asam urat tinggi, kolesterol tinggi, dan berbagai macam penyakit lainnya. Nggak mau kan seperti itu?
Jadi, apa sih yang saya makan sampai bisa turun 5 kilogram dalam 5 minggu?

Pada minggu pertama sampai ketiga saya mengkonsumsi shake herbalife, herbs tablet herbalife dan aloe concentrate herbalife pada saat makan pagi dan makan malam, saya hanya makan nasi di siang hari. Berat badan saya turun secara signifikan yaitu 2 kilogram dalam waktu satu minggu. Namun, setelah itu berat badan saya sempat stuck dan kembali naik walaupun lingkar perut saya mengecil. Oh ya, waktu mengkonsumsi herbalife saya setiap hari datang ke gym untuk membakar kalori tubuh saya dan waktu latihan saya dihabiskan paling banyak untuk cardio.
Setelah minggu ketiga, shake herbalife saya habis, saya melanjutkan diet dengan makan 3 kali sehari dengan menu nasi merah lengkap dengan lauk pauknya. Tanpa gorengan, tanpa gula. Bahkan saya menggunakan kecap dengan bahan sorbitol dan garam rendah sodium untuk memasak. Diet ala - ala orang diabetes dan darah tinggi gitu laah. Saat iseng - iseng cek laboratorium, hasil tes kesehatan saya baik semua dengan pola makan yang seperti itu. Hanya saja asam urat saya masih tinggi dikarenakan pola makan saya yang berantakan di masa lalu dan tidak mengkombinasikan protein yang saya konsumsi. Itu adalah kesalahan terbesar saya dalam diet, tidak menselang seling makanan dan tidak memperhatikan kadar purin dalam makanan. Pada akhirnya saya setiap hari hanya makan putih telur dan sayur sup hanya dengan wortel dan seledri yang sangat banyak (sebaiknya jangan tanya rasanya). Pada saat minggu ketiga sampai kelima berat badanku turun hingga 3 kilogram walaupun sempat naik dan turun. Tapi saya rasa wajar, karena saya juga melakukan olahraga secara rutin.
Hal kedua yang saya pelajari adalah jangan biarkan badan stress karena olahraga berlebihan. Hal tersebut akan membuat berat badan naik, bukan malah turun karena saya sudah mengalaminya ya. Jadi saya membandingkan antara saya pergi olahraga setiap hari dan olahraga 3 kali seminggu. Hasilnya lebih cepat turun ketika saya olahraga 3 kali seminggu. Pada saat setiap hari olahraga pernah berat badan saya malah naik.
Pada saat saya menjalani diet normal tanpa penyakit, saya mengkonsumsi kurang lebih1200 kalori perhari. Saya mengikuti petunjuk pada aplikasi myfitnesspal. Aplikasi tersebut sangat berguna dalam mengontrol asupan kalori saya setiap harinya. Alhasil saya bisa mendapatkan berat badan yang ideal!

No comments