Nila Asin

Blog ini digunakan untuk menulis pengalaman pribadi

Pengalaman Tes Seleksi Dosen Tetap UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mendaftar salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Yogyakarta, yaitu UII (Universitas Islam Indonesia). Pada saat itu, pendaftaran dilaksanakan dalam beberapa tahap yang merupakan sistem gugur (jika tidak lolos di suatu tahap, maka peserta yang tidak lolos tidak bisa ikut di tahap berikutnya). Tahap yang saya lalui adalah sebagai berikut:


1. Seleksi Tahap 1 (administrasi)

Tahapan ini berlangsung selama 2 minggu jika tidak salah. Pada tahapan ini kita harus mempersiapkan berkas sesuai petunjuk pada laman rekrutmen, diantaranya:

  • Sertifikat Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/CEPT). Saran saya, sertifikat Bahasa Inggris ini disiapkan dari jauh - jauh hari (terutama TOEFL) karena membutuhkan waktu paling cepat 2 minggu setelah tes untuk mendapatkan sertifikat resmi. Jika yang berada di Yogyakarta, bisa melakukan tes CEPT di CILACS UII yang hanya memerlukan waktu 1 - 2 hari kerja saja untuk mendapatkan sertifikat.
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit. (Saya lupa harus minimal RS tipe B atau bisa di semua RS). Untuk surat keterangan ini, butuh meluangkan waktu seharian full untuk antre di rumah sakit dan suratnya bisa langsung didapatkan pada hari itu juga.
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang diajukan di Polres sesuai dengan KTP.
  • Surat keterangan pengadilan tidak pernah dipidana yang bisa diajukan di pengadilan negeri sesuai dengan KTP masing - masing.
  • Ijazah dan transkrip S1 hingga S2. Dipersiapkan pula dokumen ijazah dari SD hingga SMA karena nantinya akan diperlukan. Yang ijazah SD hingga SMA nya tercecer, bisa dicari mulai dari sekarang.
  • Form dan surat pernyataan yang ada di laman pendaftaran yang ditanda tangani dengan meterai.

2. Seleksi tahap 2

Setelah lolos tahap seleksi administrasi, kita harus melalui seleksi tahap 2 berupa ujian tertulis. Pada saat seleksi yang saya lalui, soal tes terdiri dari 2 macam yaitu soal pengetahuan umum dan soal pengetahuan agama yang masing - masing terdiri dari 100 butir soal pilihan ganda.


3. Seleksi Tahap 3

Jika lolos seleksi tahap 2, akan dilaksanakan seleksi tahap 3 yang berupa tes praktik agama. Menurut saya, ini adalah momok bagi saya yang dari TK hingga S2 saya sekolah di sekolah umum yang pelajaran agamanya hanya 1 kali dalam seminggu. Rangkaian tes pada tahapan ini antara lain:

  • Imla' (baca tulis huruf hijaiyah). Pada tahapan ini, setiap peserta diberi waktu untuk membaca 1 halaman berisi potongan ayat Al-Qur'an. Setelah itu, peserta diperintahkan untuk menuliskan kata-kata dalam bahasa arab sederhana yang diucapkan oleh penguji.
  • Hafalan surat pendek dan do'a sehari - hari. Pada tes ini, kita diperintahkan membaca beberapa surat pendek dalam Al-Qur'an dan do'a sehari - hari beserta artinya.
  • Sholat dan Thaharah. Pada tahapan ini, kita diberi waktu untuk mempraktikan sholat dan thaharah (bisa wudhu maupun tayamum). Setelah itu, penguji menanyakan arti salah satu dari bacaan sholat kita.
  • Pengetahuan agama. Tahapan ini berupa wawancara mengenai pengetahuan dan pandangan keislaman kita.

4. Seleksi Tahap 4
Seleksi tahap 4 ini merupakan psikotes. Untuk menghadapi tahapan ini hal yang perlu dipersiapkan hanya istirahat yang cukup. Tahapan psikotes berupa:
  • Tes tulis berupa tes kemampuan verbal, numerik, spasial, penalaran, dan lain - lain. Kemudian pada tahap ini ada tes kepribadian berupa tes PAPI (jika tidak salah ingat), tes menggambar pohon dan orang, dan tes wartegg. Yang paling melelahkan dari tahapan tes ini adalah tes pauli. 
  • Leaderless Group discussion. Pada tahap ini, seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan suatu masalah yang diberikan oleh panitia seleksi.
  • Wawancara.

5. Seleksi Tahap 5

Alhamdulillah seleksi di tingkat universitas sudah selesai dan masuk ke tahap seleksi di prodi tujuan masing - masing. Setiap prodi memiliki timeline dan tahapan tes yang bisa jadi berbeda - beda. Namun, pada prodi yang saya tuju, tahapan tes yang harus dilalui adalah sebagai berikut:

  • Mengunggah artikel karya tulis ilmiah (bisa berupa paper jurnal atau conference). Artikel boleh berupa manuskrip yang sudah disubmit ke publisher jurnal atau yang baru dibuat untuk keperluan seleksi. 
  • Tes tertulis mengenai bidang masing - masing.
  • Presentasi artikel karya tulis ilmiah yang telah disubmit.
  • Tes wawancara oleh pimpinan prodi dan fakultas.
  • Microteaching.

6. Pengumuman

Pengumuman bisa dilihat pada laman rekrutmen UII. Pada tahap pengumuman juga diberitahukan apa saja yang harus dilakukan oleh peserta yang lolos pada semua tahapan seleksi.


Demikian tulisan yang saya buat berdasarkan pengalaman saya. Bisa jadi tahapan seleksi untuk periode berikutnya berubah. Semoga membantu bagi teman - teman yang menginginkan berkarir sebagai dosen dan menetap di kota Yogyakarta :)

3 comments